Cara Daftar Google+ dan Mengenal Fiturnya

cara daftar Google+

Cara daftar (register) Google+ (Google Plus) yang kini masih dalam masa pengujian (closed beta) adalah dengan  mendapatkan invite (undangan) dari pengguna lain yang telah terdaftar. Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya FBGunungkidul mendapatkan “undangan spesial” untuk mencicipi sosial networking baru ini.

Sejak Google+  dirilis tanggal 28 Juni 2011 hingga posting ini ditulis, jumlah pengguna jejaring sosial calon pesaing Facebook ini telah mencapai 4,7 juta lebih (survei Paul Allen, pendiri ancestry.com).  Bagaimana cara mendaftar akun Google+ (http//plus.google.com) dan apa saja fitur di dalamnya? Mari kita intip bersama FBGunungkidul.

Langkah-langkah mengaktifkan akun yang dikirim via invite:

invite Google+

Buka email undangan (invite) dari Google+

invite Google plus

Klik link “Learn more about Google+” di kotak berwarna orange.

register Google+

Lengkapi profil Anda dengan nama, jenis kelamin, dan foto. Lanjutkan dengan mengklik “Join

fitur-fitur Google+

Akun Anda telah aktif. Beberapa fitur utama yang  tersedia yaitu Circles, Hangouts, dan Sparks.

Circles adalah fitur Google+ untuk membuat pengelompokkan teman (grup) yang terdiri: Friends, Family, Acquaintances, dan Following. Anda bisa juga membuat kategori baru sesuai keinginan. Circles ini berhubungan dengan posting yang nanti akan Anda buat, disebut Stream. Pengaturan ini memudahkan kita untuk menentukan sasaran kepada siapa saja materi posting akan dibagikan.  Cukup dengan Drag  & Drop melalui menu Circles. Seret foto teman Anda ke lingkaran berdasarkan kategori yang ada atau telah dibuat.

circle Google+

Hangouts:  fitur Google+ berupa live video chat dengan beberapa teman, dapat digunakan untuk menonton video (misal: Youtube) secara bersama-sama dengan teman Anda.

Sparks: fitur Google+ untuk mencari kesamaan minat dari topik-topik yang ada. Mirip search engine, Anda bisa menentukan berita/topik apa saja di kotak pencarian untuk diikuti, diposting ulang (share) sebagai Stream.
stream Google+

Membuat posting atau update status dilakukan melalui menu Home dengan materi berupa teks, foto, video, link, atau berbagi lokasi. Sebelum dibagikan (share), Anda bisa menentukan sasaran kelompok, grup atau Circles apa saja yang dituju dan bisa melihat postingan Anda dengan mengklik +Add more people.

screenshot Google+
screenshot Google+ (FBGunungkidul)

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

2 komentar:

james dont care on August 4, 2011 at 3:21 AM said...

mas, tolong invite saya dong freakazoide7@gmail.com
terima kasih.

Elsa Tresia on October 27, 2012 at 7:55 AM said...

makasih info nya mas....

Post a Comment

Older Post Newer Post
 

About

Simple blog about online services, tips tricks, Facebook Tips, Google+, social networking, free software, and other.

Translate

Follower

FBGUNUNGKIDUL Copyright © 2011 Community is Designed by Bie Blogger Template